Sunday, February 13, 2011

Tips dan Trik Mempercantik Bulan Ilmu Pengetahuan

Sahabatku… Bulan Ramadhan telah tiba. Mulai terdengar di masjid-masjid lantunan ayat suci Al Quran dikumandangkan. Masyarakat berduyun-duyun mengikuti pengajian; mempelajari apa yang ada di dalam Al Quran dan As Sunnah.
Bulan Ilmu Pengetahuan
Namun sangat disayangkan, jika kajian-kajian itu berputar-putar pada masalah “fikih zhahir” dari ibadah shaum Ramadhan, masalah batal tidaknya puasa kita. Padahal bukankah kita setiap tahun mendengarkannya? Bukannya tidak boleh, apalagi tidak baik. Hal itu boleh-boleh saja dilakukan selama sesuai dengan proporsinya. Anda pasti tahu ayat-ayat Al Quran yang berhubungan dengan puasa itu hanya beberapa ayat saja, yang dapat dihitung dengan jari. Sungguh sangat naif jika sekiranya bulan ini kita tidak mengkaji aspek-aspek lain di luar “fikih zhahir” itu tadi.

Ramadhan bulan jihad, lantas mengapa kita tidak menyentuh fikih jihad? Tidak mempelajari sejarah peperangan dalam Islam, tidak belajar taktik perang yang diajarkan Nabi, misalnya dalam buku Muhammad Seorang Pemimpin Militer karya Dr. Afzlur Rahman. Atau pun mengapa kita tidak belajar taktik perang dari Umar, misalnya dalam buku Hayatu Al Faruq Umar karya Dr. Muhammad Haikal?
Bulan Ilmu Pengetahuan
Ramadhan bulan Al Quran, mengapa kita tidak mempelajari tema-tema tentang sains dan teknologi, yang mana kita dapat mentafakuri kebesaran Tuhan? Bukankah lebih dari 700 ayat Al Quran berbicara tentang “Ilmu”? Menurut Aisyah ra, ketika ayat Al Quran yang berisi tentang tanda-tanda kekuasaan Allah yang ada di langit dan di bumi turun, Nabi Muhammad memerintahkan kepada para sahabatnya untuk banyak bertafakur.

Ramadhan disebut bulan Al Quran karena tempat diturunkannya pertama kali ayat Al Quran. Anda pasti tahu tentang hal ini, jika ayat-ayat itu berkaitan langsung dengan “ilmu pengetahuan” (lihat Al Alaq: 1-5).

Jika ada yang bertanya: bukankah kita juga mempelajari ilmu pengetahuan di bulan selain bulan Ramadhan? Ya, betul. Tetapi di bulan ini; setiap tarikan nafas, setiap detik sangatlah bermakna, karena ibadah yang kita lakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Oleh karena itu, jika pada bulan lain kita baru bisa menyelesaikan satu buku dalam satu bulan, maka di bulan Ramadhan ini kita bisa membacanya jauh lebih banyak, jauh lebih intens, dan jauh lebih fokus. Jangan sampai ada sedikitpun waktu yang tersia-sia. Jangan sampai ada waktu yang terbuang percuma.

Jika Anda sering berhubungan dengan internet, Anda bisa menggunakan waktu Anda untuk saling berkirim tausiyah melalui email kepada teman-teman Anda. Atau pun Anda bisa saling bersilaturahim. Atau mereka yang bekerja di depan komputer, yang tidak ada waktu yang cukup untuk membaca Al Quran, bukankah kita bisa mendengarkannya melalui mp3? Anda bisa menggunakan setiap desain teknologi ini untuk beribadah kepada Allah. Tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak beribadah!

Jika saja Rasulullah SAW dan para sahabatnya berjihad (berperang) pada bulan Ramadhan ini, kita bisa berjihad dalam bentuknya yang lain, misalnya dengan menulis, banyak berderma, dan banyak membaca.

chandra

Artikel Bersangkutan

0 comments:

 
Indonesia dulu dikenal sebagai bangsa yang toleran dan penuh sikap tenggang rasa. Namun, kini penilaian tersebut tidak dapat diamini begitu saja, karena semakin besarnya keragu-raguan dalam hal ini. Kenyataan yang ada menunjukkan, hak-hak kaum minoritas tidak dipertahankan pemerintah, bahkan hingga terjadi proses salah paham yang sangat jauh.
free counters

Blog Archive

Seseorang yang mandiri adalah seseorang yang berhasil membangun nilai dirinya sedemikian sehingga mampu menempatkan perannya dalam alam kehidupan kemanusiaannya dengan penuh manfaat. Kemandirian seseorang dapat terukur misalnya dengan sejauh mana kehadiran dirinya memberikan manfaat kearah kesempurnaan dalam sistemnya yang lebih luas. Salam Kenal Dari Miztalie Buat Shobat Semua.
The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di DadakuTopOfBlogs Internet Users Handbook, 2012, 2nd Ed. Avoid the scams while doing business online

Kolom blog tutorial Back Link PickMe Back Link review http://miztalie-poke.blogspot.com on alexa.comblog-indonesia.com

You need install flash player to listen us, click here to download
My Popularity (by popuri.us)

friends

Meta Tag Vs miztalie Poke | Template Ireng Manis © 2010 Free Template Ajah. Distribution by Automotive Cars. Supported by google and Mozila