Tuesday, April 6, 2010

IKAN SEIJI DAN HIU KECIL

Kisah ini diambil dari buku: Ketika Burung-Burung Berhenti Berdoa yang ditulis Anthony Harton, sebuah buku kumpulan kisah-kisah inspiratif. Kisah yang akan kita baca ini salah satu yang telah membuka mataku akan arti kata ‘berusaha’. Begitu sulitnya mendorong manusia untuk tetap tekun berusaha, hingga kadang-kadang butuh suatu ‘dorongan’ ekstrim. Seperti contoh kisah ini…

Marumoto, seorang nelayan Osaka, Jepang menjadi pemasok tetap beberapa restoran yang menyajikan sushi sebagai menu unggulan mereka. Restoran-restoran itu menjadi istimewa karena menyajikan ikan seiji, sejenis tuna kecil yang tidak hanya segar tetapi juga masih hidup beberapa menit sebelum dihidangkan. Dan semua pasokan ikan seiji itu berasal dari keluarga Marumoto.

Pada mulanya keluarga Marumoto kesulitan memasok ikan-ikan seiji segar, karena walaupun masih segar dari laut, ikan-ikan itu sudah mati ketika tiba di darat. Kemudian mereka menemukan sebuah ide. Mereka membawa drum-drum besar yang tiga perempatnya berisi air laut. Setiap kali mereka berhasil menangkap ikan seiji, mereka segera menyimpannya ke dalam drum-drum itu. Mereka yakin cara itu bisa membantu mereka membawa banyak ikan seiji segar dan hidup ke darat.

Namun mereka lagi-lagi kecewa, karena sesampainya di darat ternyata masih banyak ikan yang mati. Mungkin jarak dari tengah laut ke darat yang cukup jauh menyebabkan ikan-ikan itu cukup lama berdesak-desakan di dalam drum dan kekurangan oksigen, yang akhirnya menyebabkan mereka mati.

Keluarga Marumoto memutar otak untuk memecahkan masalah itu. Akhirnya anak sulung mereka memberikan saran cemerlang. Karena kapal mereka cukup besar, sebagian besar dasar kapal diubah menjadi kolam kecil. Kolam itu lalu diisi dengan 3 ekor anak hiu sebesar ibu jari kaki orang dewasa. Dan hasilnya...ternyata hampir 80 persen ikan-ikan seiji yang ditangkap dan disimpan dalam kolam itu masih hidup ketika tiba di darat... Mungkin karena mereka bertahan mati-matian untuk tetap hidup menghindari sergapan hiu-hiu kecil dalam kolam kecil itu.

-----

Seperti ikan-ikan seiji itu, kitapun manusia seringkali tak memberikan usaha yang maksimal dalam pekerjaan dan karya kita. Kita selalu takut untuk ‘push to reach the limit’. Kita takut kalau kita gagal, kalau kita akan lelah, takut sakit, takut rugi, takut diejek orang, dan takut-takut yang lain. Maka akhirnya, seperti ikan seiji yang mati ketika boleh hidup bebas di kolam kecil, kita pun jadi ‘mati’ ketika situasi justru amat mendukung.

Mungkin kita harus menghadapi tantangan ‘hidup-mati’ seperti ikan-ikan seiji ketika menerima bayi ikan hiu, baru kita dapat mengeluarkan seluruh kemampuan kita demi mempertahankan hidup.

Jadi, kalau kita diberi kesempatan untuk memilih, apakah kita akan menunggu sampai titik terakhir dengan taruhan ‘hidup-mati’ dulu baru mau berusaha, ataukah justru dalam kondisi yang sehat dan berkecukupan, kita mau mencoba untuk berusaha meraih kehidupan yang lebih baik? Pilihan ada di tangan anda!

Ditulis oleh: Fanda

Artikel Bersangkutan

0 comments:

 
Indonesia dulu dikenal sebagai bangsa yang toleran dan penuh sikap tenggang rasa. Namun, kini penilaian tersebut tidak dapat diamini begitu saja, karena semakin besarnya keragu-raguan dalam hal ini. Kenyataan yang ada menunjukkan, hak-hak kaum minoritas tidak dipertahankan pemerintah, bahkan hingga terjadi proses salah paham yang sangat jauh.
free counters

Blog Archive

Seseorang yang mandiri adalah seseorang yang berhasil membangun nilai dirinya sedemikian sehingga mampu menempatkan perannya dalam alam kehidupan kemanusiaannya dengan penuh manfaat. Kemandirian seseorang dapat terukur misalnya dengan sejauh mana kehadiran dirinya memberikan manfaat kearah kesempurnaan dalam sistemnya yang lebih luas. Salam Kenal Dari Miztalie Buat Shobat Semua.
The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di DadakuTopOfBlogs Internet Users Handbook, 2012, 2nd Ed. Avoid the scams while doing business online

Kolom blog tutorial Back Link PickMe Back Link review http://miztalie-poke.blogspot.com on alexa.comblog-indonesia.com

You need install flash player to listen us, click here to download
My Popularity (by popuri.us)

friends

Meta Tag Vs miztalie Poke | Template Ireng Manis © 2010 Free Template Ajah. Distribution by Automotive Cars. Supported by google and Mozila