Sunday, February 13, 2011

Ekosistem di Laut


Laut wilayahnya meliputi 70 persen dari permukaan bumi memiliki salinitas yang tinggi(asin) dan memiliki dua pasang surut gelombang, ekosistem laut dibagi menjadi tiga zona yaitu zona litoral, zona laut dangkal dan zona pelagik. Zona litoral meliputi ekosistem estuari,ekosistem pantai pasir dan ekosistem pantai batu, zona laut dangkal meliputi ekosistem terumbu karang, sedangkan zona pelagik meliputi ekosistem laut dalam.

Ekosistem Estuari

Ekosistem estuari terdapat pada wilayah pertemuan antara sungai dan laut yang disebut muara sungai. Muara sungai disebut juga pantai lumpur. Estuari memiliki ciri berair payau dengan tingkat salinitas di antara air tawar dan laut. Vegetasi ini didominasi oleh tumbuhan bakau dan beberapa organisme melakukan perkembanganbiakan di wilayah ini seperti ikan, udang, dan molusca.

Ekosistem Pantai Pasir

Ekosistem pantai pasir merupakan ekosistem yang cukup keras bagi organisme karena deburan ombak yang terus-menerus serta paparan cahaya matahari selama dua belas jam. Hewan ekosistem pantai pasir hidup dalam pasir misalnya kepiting kecil.

Ekosistem Pantai Batu

Ekosistem pantai batu tersususn dari komponen abiotik, berupa batu-batuan kecil ataupun bongkahan batu yang besar. Pada ekosistem batu terdapat organisme seperti ganggang, eucheuma dan sargassum, serta beberapa jenis molusca yang melekat di batu.

Ekosistem Terumbu Karang

Ekosistem terumbu karang hanya dapat tumbuh di air yang jernih. Terumbu karang terbentuk dari rangka hewan kelompok coelentrata. Pada ekosistem ini terdapat berbagai jenis organisme laut dari kelompok porifera, coelentrata, ganggang, berbagai jenis ikan serta udang.

Ekosistem Laut Dalam

Ekosistem laut dalam merupakan zona pelagik laut Ekosistem ini berada pada kedalaman 76000 m dari permukaan laut, sehingga tidak ada lagi cahaya matahari oleh karena itu produsen utama di daerah ini organisme kemoautotrof.

Artikel Bersangkutan

0 comments:

 
Indonesia dulu dikenal sebagai bangsa yang toleran dan penuh sikap tenggang rasa. Namun, kini penilaian tersebut tidak dapat diamini begitu saja, karena semakin besarnya keragu-raguan dalam hal ini. Kenyataan yang ada menunjukkan, hak-hak kaum minoritas tidak dipertahankan pemerintah, bahkan hingga terjadi proses salah paham yang sangat jauh.
free counters

Blog Archive

Seseorang yang mandiri adalah seseorang yang berhasil membangun nilai dirinya sedemikian sehingga mampu menempatkan perannya dalam alam kehidupan kemanusiaannya dengan penuh manfaat. Kemandirian seseorang dapat terukur misalnya dengan sejauh mana kehadiran dirinya memberikan manfaat kearah kesempurnaan dalam sistemnya yang lebih luas. Salam Kenal Dari Miztalie Buat Shobat Semua.
The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di DadakuTopOfBlogs Internet Users Handbook, 2012, 2nd Ed. Avoid the scams while doing business online

Kolom blog tutorial Back Link PickMe Back Link review http://miztalie-poke.blogspot.com on alexa.comblog-indonesia.com

You need install flash player to listen us, click here to download
My Popularity (by popuri.us)

friends

Meta Tag Vs miztalie Poke | Template Ireng Manis © 2010 Free Template Ajah. Distribution by Automotive Cars. Supported by google and Mozila