Sunday, February 7, 2010

BERTOBAT ATAU SEKEDAR BERBUAT BAIK?

Di Thailand terutama di daerah utara, banyak dijual makanan yang terbuat dari kalajengking dan cacing. Maka, tidak heran bila warga Thailand suka memelihara kalajengking sampai beribu-ribu ekor. Salah satunya bernama Suang Puangsri. Suang memelihara kalajengking sampai 4.600 ekor. Dia mengolah binatang-binatang itu menjadi makanan ringan. Tetapi, setelah bertahun-tahun menjalankan usahanya, timbul pikiran yang sangat mengganggu.

“Walau aku senang karena punya uang, tetapi aku merasa sedih karena perbuatanku telah merugikan hewan-hewan tersebut. Aku merasa takut karena telah berbuat dosa.” Kata Suang.

Sejak saat itu, dia memutuskan untuk berteman dengan kalajengking-kalajengking piaraannya. Dia membuatkan kandang dan membelikan satu kilogram jangkrik untuk makanan mereka. Suang bahkan membeli kalajengking dari orang-orang yang hendak menjualnya ke restoran. Apalagi isterinya sangat mendukung tindakan Suang.

Dari sikap dan pandangan Suang tersebut, ada 2 hal yang perlu dicermati yaitu :

1.Suang tidak menyadari bahwa pertobatan untuk menghapus dosa bukan sekedar tindakan balas budi, apalagi hanya kepada hewan. Suang berpikir bahwa dengan berbuat baik kepada kalajengking, dia sudah bertobat dan bisa menghapus ‘dosanya’.

2.Suang tidak konsisten. Dia merasa bertobat karena sudah berbuat baik kepada kalajengking, tetapi dia membunuh banyak jangkrik tiap hari. Bukankah membunuh jangkrik sama saja dengan membunuh kalajengking? Sama-sama hewan.

Sesungguhnya, pertobatan adalah perpalingan 180 derajat dari berhala kepada Tuhan. Bukan sekedar berbuat baik. Sudahkah kamu sungguh-sungguh bertobat?

By :FANNY

Artikel Bersangkutan

0 comments:

 
Indonesia dulu dikenal sebagai bangsa yang toleran dan penuh sikap tenggang rasa. Namun, kini penilaian tersebut tidak dapat diamini begitu saja, karena semakin besarnya keragu-raguan dalam hal ini. Kenyataan yang ada menunjukkan, hak-hak kaum minoritas tidak dipertahankan pemerintah, bahkan hingga terjadi proses salah paham yang sangat jauh.
free counters

Blog Archive

Seseorang yang mandiri adalah seseorang yang berhasil membangun nilai dirinya sedemikian sehingga mampu menempatkan perannya dalam alam kehidupan kemanusiaannya dengan penuh manfaat. Kemandirian seseorang dapat terukur misalnya dengan sejauh mana kehadiran dirinya memberikan manfaat kearah kesempurnaan dalam sistemnya yang lebih luas. Salam Kenal Dari Miztalie Buat Shobat Semua.
The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di DadakuTopOfBlogs Internet Users Handbook, 2012, 2nd Ed. Avoid the scams while doing business online

Kolom blog tutorial Back Link PickMe Back Link review http://miztalie-poke.blogspot.com on alexa.comblog-indonesia.com

You need install flash player to listen us, click here to download
My Popularity (by popuri.us)

friends

Meta Tag Vs miztalie Poke | Template Ireng Manis © 2010 Free Template Ajah. Distribution by Automotive Cars. Supported by google and Mozila